Tuesday, February 15, 2011

Norak-norak bergembira : Taman Margasatwa Ragunan





Kebon Binatang Ragunan? haree geneee??? Please deh...
Yes, itu yang akan saya katakan mungkin sekitar sepuluh tahun lalu
Don't get me wrong...
Kebun binatang Ragunan sudah telanjur punya stereotipe; jorok..kotor...penuh sesak..dan banyak couples yang " you know lah" - Hengki pengky secara kebon binatang jadi tempat rekreasi yang murmer sepanjang abad...
But, tidak hari ini...
Saya dan Cello memberanikan diri bawa krucil demi menuhin rengekan Luna yang pernah lihat tayangan TV tentang Ragunan.
Apalagi sehari sebelumnya sekolahnya punya outdoor activity jalan-jalan naik Busway yang berangkat dari halte pusat Ragunan.
Hari ini libur nasional Maulid Muhammad SAW, kita sudah siap mental, mungkin Ragunan bakalan rame kayak cendol...Berangkat pagi around 9, sampe di ragunan around 9.30 secara rumah kita deket sama Ragunan. Ternyata parkir masih gampang banget.
Entry fee dewasa Rp. 4000, anak-anak Rp. 3000 dan mobil, total dengan para maids Rp. 25,000 saja.
Masuk Ragunan, langsung disambut parade Binatang; Gajah, Baby harimau, orang utan, burung langka, ular dan atraksi elang bondol (Elang bondol ini maskot dari DKI Jakarta)
Asik, jadi gak perlu puter-puter di kebun seluas ini....
Ternyata ragunan sekarang jauh lebih bersih, jalan setapak nya udah gak becek dan jorok...
Paling gak pengelola udah nambah fasilitas yang ada...memang masih banyak yang jualan lesehan gitu, tapi its oke lah buat para keluarga yang piknik.
Kelar muter-muter, akhirnya kita kesampaian juga ke Pusat Primata Schmutzer.
Schmutzer adalah pusat primata terbesar di dunia hasil prakarsa dari Mrs Puck Schmutzer. Puck Schmutzer adalah seorang yang punya dedikasi tinggi terhadap perlindungan primata langka, sayang beliau sudah wafat sebelum Pusat Primata ini berdiri.
Jadi kalau mau belajar segala jenis primata, langsung aja ke Schmutzer, karena tempat ini bener-bener jadi pusat pendidikan. Entry fee nya Rp. 5000. Jangan ditanya mau masuk kesini lumayan ketat. Kita gak boleh bawa makanan, minuman, tiker dan lain-lain. Hanya boleh dompet, HP dan kamera saja. Puas di schmutzer, krucil udah merengek minta pompa gelembung sabun, akhirnya kita pilih taman besar deket Schmutzer.
Tamannya bersih, banyak dilewatin kereta panjang buat puter-puter ragunan daripada jalan kaki...Disebelahnya juga ada children play land...
Intinya menurut saya Ragunan sudah berbenah diri. Cukup menyenangkan buat anak-anak bermain. Udara segar with a nice view...
We are also planning to have picnic here next couples weeks...Bener-bener hari ini temanya Norak-norak bergembira...
Jadi buat yang masih pikir-pikir bawa anak ke Ragunan....
Tipsnya: Berangkat pagi (parkir masih sepi), bawa snacks dan bekal yang cukup buat anak-anak, bisa bawa sepeda juga, bawa jas hujan atau payung, bawa mainan yang bisa dimainkan rame-rame seperti bola...Khusus mau piknik, tiker bisa dibeli disana seharga Rp. 5000 saja
Really, it's worth to try! Happy holiday!

No comments:

Post a Comment